CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA PART II (SUMBER DARI JURNAL)

 

CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA PART II (SUMBER DARI JURNAL)

Assalamualaikum.

Hai-

Pada postingan sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai cara penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku, bisa diklik di sini. Untuk postingan kali ini saya akan memaparkan cara penulisan daftar pustaka yang sumbernya diambil dari jurnal. Sebagaimana penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku, penulisan daftar pustaka dari jurnal pun memiliki urutan dalam penulisannya, yaitu nama penulis, tahun terbit, judul, nama jurnal, volume dan nomor terbitan jurnal, dan halaman.

1.      Nama Penulis

Seperti pada penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku, nama penulis urutannya terletak di paling awal dan tanpa gelar. Jika nama penulis terdiri atas dua kata, maka penulisannya dibalik dan dipisahkan dengan tanda koma (,). Hal ini berlaku meskipun penulis jurnal tersebut lebih dari satu orang. Akhiri penulisan nama penulis dengan tanda titik.

2.      Tahun Terbit

Penulisan tahun terbit terletak di urutan kedua. Cukup tuliskan tahun berapa jurnal yang Anda jadi rujukan itu terbit. Akhiri penulisan tahun terbit dengan tanda titik.

3.      Judul

Urutan yang ketiga, yaitu judul jurnal. Judul jurnal ditulis dengan huruf tegak. Akhiri penulisan judul dengan tanda titik.

4.      Nama Jurnal

Nama jurnal ditulis secara miring (italic). Akhiri penulisan dengan tanda koma (,).

5.      Volume dan Nomor Terbitan Jurnal

Volume merupakan tahun ke-, sejak jurnal diterbitkan. Sedangkan nomor terbitan adalah urutan terbit ke-, pada tahun yang dimaksud. Volume ditulis dengan angka dan dilanjutkan dengan nomor jurnal yang juga ditulis dengan angka, tetapi memakai tanda kurung (). Penulisan volume jurnal diakhiri dengan tanda koma (,).

6.      Halaman

Terakhir, penulisan halaman rujukan yang diambil dari jurnal. Halaman ditulis dari awal sampai akhir. Akhiri penulisan dengan tanda titik.

Contoh:

Nisa, Fithratun., dan Jumadi. 2014. Implikatur yang Terungkap dalam Film Habibie dan Ainun. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (JBSP), 4 (2), 259-268.

Zulkifli. 2011. Analisis Wacana dalam Perspektif Kajian Bahasa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (JBSP), 1(2), 97-104.


Baca Juga
4 komentar
  1. Anonim
    Sabtu, Oktober 01, 2022
    Mantap heeee
  2. Anonim
    Minggu, Oktober 02, 2022
    Mantap ibu guru muda...terus berkarya...fokus hal positif agar lebih berkembang lg
    • Fithratun Nisa
      Senin, Oktober 03, 2022
      Siapa pun Anda, terima kasih banyak 🙂