Keluar atau Ke Luar? Mana yang benar?

https://www.celotehnisa.com/ 



Assalamualaikum.

Hai-

Pelajaran apa sih yang menurut kalian gampang? Sebagian mungkin akan menjawab pelajaran yang terkesan gampang adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ternyata pelajaran Bahasa Indonesia itu tidak segampang yang kita bayangkan selama ini. Bahasa Indonesia itu sebenarnya cukup rumit, loh! Namun, juga bukan termasuk mata pelajaran yang sangat sulit. Istilahnya lebih ke gampang-gampang susah, susah-susah gampang. Kita buktikan, yuk!

Hari ini saya mau membahas perbedaan penggunaan kata “ke luar” dan “keluar”. Sepintas mirip kan? Bahkan mungkin kita selama ini menulis tanpa mempertimbangkan perbedaannya, jadi asal tulis saja karena memang maknanya terkesan sama saja. Tapi, tahukah kalian? Sebenarnya keduanya sangat berbeda.

1.      Ke luar

“Ke” pada penulisan “ke luar” merupakan preposisi atau kata depan sehingga penulisannya harus dipisah dengan kata yang mengikutinya. Kata depan digunakan sebagai penanda bahwa kata yang mengikutinya menunjukkan tempat atau waktu. Contoh: ke sana, ke pasar, ke hatimu, ke masa depan.

Oleh karena itu, untuk menunjuk tempat atau posisi yang berada di luar, kita gunakan kata ke luar.

Contoh: Sinta pergi ke luar rumah.

                S        P       Ket

Pada contoh terlihat bahwa secara tataran kalimat, frasa ke luar berperan sebagai keterangan yang menunjukkan tempat.

2.      Keluar

Kata keluar dalam KBBI memiliki makna bergerak dari dalam ke sebelah luar (2009:332). Kata keluar bukan merupakan preposisi atau kata depan, melainkan kata kerja atau verba.

Contoh: Sinta keluar dari rumah.

                S        P

Pada contoh terlihat bahwa secara tataran kalimat, frasa keluar berperan sebagai predikat atau verba yang menandakan aktivitas.

Supaya lebih jelas perbedaannya, mari kita sandingkan dua contoh tersebut.

a.       Sinta pergi ke luar rumah.

b.      Sinta keluar rumah. 

Ke luar dan keluar jelas terlihat perbedaannya, kan? Pada contoh a, ke luar menunjukkan tempat. Sedangkan pada contoh b, keluar menandakan aktivitas. Sebagai tambahan, ke luar berantonim dengan kata ke dalam, sedangkan keluar berantonim dengan kata masuk.

Semoga penjelasan saya ini bisa sedikit membantu, ya. 

 

Baca Juga
6 komentar
  1. Anonim
    Minggu, September 18, 2022
    Apa keduanya benar
    • Fithratun Nisa
      Minggu, September 18, 2022
      Terima kasih.
      Iya, keduanya benar. Tergantung kalimatnya. Jika menunjukkan tempat maka penulisannya dipisah. Namun, jika menunjukkan aktivitas maka penulisannya digabung.
  2. Anonim
    Minggu, September 18, 2022
    Sering2 share d sni..biar bisa smbil belajar
  3. Anonim
    Minggu, September 18, 2022
    Sangat membantu, ditunggu next sharing ca...
    • Anonim
      Minggu, September 18, 2022
      okee, makasiih