Lima Bagian Paling Menyakitkan dalam Perjuangan Pulih dari Depresi

Asssalamualaikum,

Hai -

Celotehnisa.com | Lima Bagian Paling Menyakitkan dalam Perjuangan Pulih dari Depresi - Merasa sedih merupakan salah satu kondisi yang wajar dirasakan oleh seseorang. Namun, jika perasaan sedih itu terus dirasakan dan berlarut-larut maka dapat berujung pada depresi.

Depresi ditandai dengan suasana hati yang sedih atau kehilangan minat dalam menjalani hidup. Kegiatan yang sebelumnya terasa sangat menyenangkan, kini terasa sudah tidak menarik lagi. Hal tersebut memang kerap dialami oleh orang yang mengalami depresi. Namun, alih-alih mendapatkan support dari lingkungan sekitar. Justru penderita depresi kadang malah diberi label sebagai orang yang malas, bahkan ada yang terang-terangan menyebut mereka kurang iman.

Halooo? Kapasitas mental masing-masing orang berbeda. Bagi si A yang kapasitas mentalnya lebih kuat, menganggap masalah yang dihadapinya bukanlah suatu hal yang besar dan mampu membuatnya tenggelam dalam rasa sedih yang berkepanjangan. Namun, bagi si B yang mentalnya rapuh, meskipun masalah yang dihadapi sama persis dengan si A. Bagi si B bisa jadi ini adalah sebuah masalah yang sangat besar dan membuatnya tenggelam dalam rasa sedih yang berkepanjangan.

Jadi, jangan pernah kita menganggap remeh dan menyepelekan masalah seseorang. Jangan gampang melabeli seseorang dengan cap pemalas dan kurang iman. Kita tidak tahu apa yang telah dialami seseorang dalam hidupnya.



Lima Bagian Paling Menyakitkan dalam Perjuangan Pulih dari Depresi

Bagi mereka, penderita depresi, berjuang untuk pulih itu sungguh sangat berat. Butuh waktu yang panjang dan proses yang melelahkan hingga mereka bisa mengalahkan depresi ini.

Berikut lima bagian paling menyakitkan yang harus dilalui seseorang dalam perjuangan pulih dari depresi. Silakan simak baik-baik, ya.

1. Senang yang tidak lagi bisa kita rasakan

Depresi merampas hal-hal menyenangkan bahkan pada hal yang sangat disukai. Tidak ada yang bisa  dirasakan selain perasaan hampa dan kosong. Kegiatan yang sebelumnya terasa sangat menyenangkan, kini terasa sudah tidak menarik lagi. 

Misalnya, seseorang yang sangat suka menonton drama Korea (drakor), tiba-tiba ketika mengalami depresi kehilangan minat dan merasa seperti tidak memiliki tenaga ekstra untuk menonton. Semua tampak tidak menarik lagi. Sangat sulit bagi penderita untuk pulih, bangkit, dan kembali mengembalikan minat mereka. 

2. Ketika pikiran mulai menyudutkan dan menghakimi

Isi kepala orang yang depresi itu sangat banyak. Penderita seakan dihantui perasaan bersalah, tidak berharga, kurang harapan, dan berbagai pikiran negatif lainnya. Bagian ini juga sangat sulit untuk dilalui dan dilewati oleh penderita untuk pulih. Hal ini dikarenakan saat pikiran mulai menyudutkan dan menghakimi, mereka tidak berdaya untuk menghentikan pikiran-pikiran negatif tersebut.

3. Ketika mulai kehilangan diri sendiri

Perasaan kehilangan diri sendiri juga sangat sulit untuk dipulihkan.  Di bagian ini, penderita depresi mulai kehilangan jati diri tentang siapa dia sebenarnya, apa yang dia suka, dan apa yang dia impikan. Semuanya terasa hampa. 

4. Merasa sendirian

Rasa kesendirian dengan kesulitan dan masalah yang dimiliki tanpa ada satu orang pun yang bisa mengerti juga merupakan bagian sulit yang harus ditaklukkan ketika berjuang ingin pulih dari depresi ini. Merasa seorang diri inilah yang menyebabkan depresi semakin merajalela dan terpuruk semakin dalam.

5. Hilangnya arah hidup

Hilangnya arah hidup membuat hari-hari terasa kabur atau tidak ada bedanya. Mau hari Senin atau Selasa, hari libur atau hari ulang tahun, atau hari spesial lainnya, semuanya terasa sama. Sangat susah untuk memulihkan perasaan seperti ini. Tidak ada semangat dan tujuan hidup sama sekali. 

Itulah tadi lima bagian paling menyakitkan yang harus ditaklukkan dalam perjuangan untuk pulih dari depresi. Tidak mudah memang, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Perlu waktu yang lama dan tenaga yang ekstra untuk memulihkan kembali ke keadaan normal. Terus semangat! 

Depresi banyak merampas bagian kehidupan seseorang yang mengalaminya. Depresi lebih dari sekedar sedih. Depresi mengambil daya seseorang untuk mengendalikan hidupnya.

Yuk, berjuang untuk pulih dari depresi baik untuk diri kita sendiri maupun orang di sekitar kita. 

Semoga bermanfaat 😊

Sumber: insightme.id (IG)

Baca Juga
Posting Komentar